Eropa

Turki Tak Izinkan Pengungsi Suriah Kembali ke Tal Abyad

Salafynews.com – Ratusan pengungsi Suriah yang melarikan diri dari pertempuran antara milisi Kurdi dengan militan ISIS di kota perbatasan Tal Abyad terpaksa menjalani bulan Ramadan di perbatasan Turki.

Pihak berwenang Turki memaparkan bahwa para pengungsi tak dapat kembali menyebrang ke Suriah kerena pasukan bersenjata Kurdi, atau YPG menutup gerbang perbatasan. Sementara YPG, yang kini memengang kendali atas Tal Abyad, menolak tuduhan tersebut.

“Dari pandangan kami, perbatasan itu terbuka. Orang-orang Turki-lah yang menutup perbatasan ” kata juru bicara YPG, Redur Khali di Beirut, sembari menambahkan bahwa para pengungsi bahkan mencoba kembali ke Suriah melewati titik-titik penyebrangan ilegal, dikutip dari The National, Jumat (19/6).

1657110PengungsiSuriah051434352704-Tal-Abyad

Pada awal pekan ini, YPG berhasil mengusir ISIS dari Tal Abyad setelah memenangi pertempuran sengit yang menyebabkan 23 ribu warga Suriah terpaksa mengungsi ke Turki.

Ratusan di antaranya telah kembali ke rumah mereka sejak Rabu (17/6). Namun pada Kamis (18/6), sekitar 200 pengungsi yang ingin kembali tak dapat melewati perbatasan, karena dilarang otoritas Turki.

Para pengungsi menyatakan bahwa mereka diberitahu gerbang perbatasan tidak akan dibuka hingga Senin, sehingga mereka tidak dapat menjalani pekan pertama puasa di rumah masing-masing.

“Hari ini, kami datang ke depan gerbang perbatasan dengan harapan kami dapat menyebrang ke Tal Abyad, saya sudah menunggu sejak pukul 7 pagi, namun pemerintah Turki menghalang-halangi kami ” kata Emine (60) tahun.

“Pemerintah Turki tidak punya hak melarang kami kembali pulang ke kampung halaman, mereka tidak punya perasaan, tolong izinkan kami kembali pulang untuk menjalani ibadah Ramadan di rumah,” kata Emine melanjutkan. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: