Eropa

Uni Eropa Perpanjang Sanksi atas Rusia

Salafynews.com, LUXEMBURG – Pada akhirnya Uni Eropa memutuskan untuk memperpanjang sanksi terhadap Rusia selama enam bulan ke depan, hingga 31 Januari 2016, hal ini disampaikan juru bicara Divisi Hubungan Eksternal Dewan Uni Eropa, Senin (22/6).

Juru bicara Dewan Uni Eropa Susanne  Kiefer menyebutkan, bahwa keputusan tersebut merupakan upaya untuk mengimplementasikan Kesepakatan Minsk secara menyeluruh. Keputusan dibuat tanpa melalui proses diskusi. Kiefer mengumumkan hal tersebut dalam pertemuan menteri luar negeri dari 28 negara Uni Eroa di Luxemburg.

uni eropa

Sebelumnya, negara-negara Uni Eropa telah menyepakati prinsip-prinsip dasar terkait hal ini dalam sesi Komite Perwakilan Tetap (COREPER), Rabu (17/6) lalu.

Rusia sendiri setelah COREPER bersepakat Rabu lalu, tetap memilih untuk fokus bertahan di tengah terpaan sanksi. Hal ini  disampaikan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada hari yang sama,

 “Itu terserah mereka yang memberi sanksi. Kami fokus untuk bekerja dan hidup secara efisien di tengah kondisi tersebut,” ungkap Lavrov.

Setelah Krimea  kembali bergabung dengan Rusia, Rusia mendapat tekanan sanksi dari Amerika Serikat dan banyak negara Eropa. Sanksi yang diberikan semakin keras menyusul tuduhan Barat dan Ukraina bahwa Rusia mendukung para militan di republik Ukraina tenggara yang memerdekakan diri dan terlibat dalam destabilisasi Ukraina.

Sebagai langkah balasan, Rusia mengeluarkan larangan impor daging sapi, daging babi, unggas, ikan, keju, buah, sayur, dan produk olahan susu dari Australia, Kanada, Uni Eropa, dan Amerika Serikat.

Pemerintah Rusia berulang kali menyangkal tuduhan ‘aneksasi’ Krimea karena Krimea bergabung dengan Rusia secara sukarela melalui referendum, begitu pula klaim bahwa Moskow terlibat dalam kekacauan yang terjadi di Ukraina timur. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: