Internasional

Uni Eropa Protes Daftar Cekal Rusia Atas Para Pejabatnya

Salafynews.com, MOSKOW Pejabat Uni Eropa memprotes daftar cekal Rusia yang melarang puluhan politisi Eropa masuk ke negaranya.

“Daftar cekal dengan 89 nama itu kini telah dikantongi oleh otoritas Rusia,” ungkap juru bicara kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini pada hari Sabtu (30/5) kemarin. “Kami beranggapan bahwa hal ini adalah sebuah tindakan sewenang-wenang dan tidak adil, terutama dengan tidak adanya klarifikasi lebih lanjut maupun transparansi.”

Federica MogheriniDaftar cekal itu dibuat menyusul meningkatnya ketegangan antara Moskow dan Barat setelah aneksasi (salah satu cara bagi suatu negara untuk memperoleh tambahan wilayah. ) Rusia atas Krimea di tahun 2014, dan dugaan dukungan Rusia pada separatis pro Rusia di Ukraina.

Uni Eropa sendiri telah memberi sejumlah sangsi termasuk pembekuan sejumlah asset dan larangan melakukan perjalanan pada 151 warga Rusia dan Ukraina.

Seorang pejabat kementrian luar negeri Rusia membenarkan hal ini kepada media, dan menyatakan bahwa daftar cekal tiap pejabat telah dikirimkan  ke negara masing-masing.

Kantor berita TASS mengutip ucapan pejabat tersebut yang mengatakan bahwa daftar hitam nama-nama pejabat Uni Eropa yang dicekal adalah untuk menjawab kampanye sangsi-sangsi yang dilancarkan kepada Rusia oleh beberapa negara Uni Eropa dipimpin Jerman,” (lm/rfe/rl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: