Internasional

Untuk Pertama Kalinya Militer AS Akui Bunuh Warga Sipil di Suriah

Washington, Salafynews.com – Militer AS untuk pertama kalinya mengakui jatuhnya korban sipil dalam serangan udara yang dilakukan di Irak dan Suriah, dan menegaskan tewasnya dua anak dalam sebuah serangan di provinsi Idlib Suriah,  November 2014.

Komandan koalisi militer AS, Jendral James Terry dalam sebuah pernyataan mengatakan, “Kami menyesal atas kematian yang tidak disengaja ini”.

“Penyelidikan militer AS menyimpulkan bahwa serangan udara terhadap fasilitas yang digunakan oleh kelompok Khorasan dekat kota Harem diduga kuat telah mengakibatkan kematian dua anak yang tidak terlibat perang.” Ujar Terry.

Ia menjustifikasi penargetan warga sipil ini dengan dalih tentara AS telah melakukan proses “evaluasi teliti” terhadap bangunan yang ditargetkan, yang hasilnya tempat tersebut digunakan oleh kelompok ekstremis secara eksklusif untuk tujuan militer.

Perlu diketahui bahwa ini adalah pertama kalinya militer AS mengakui jatuhnya korban tewas dari kalangan warga sipil dalam berbagai serangan yang dilakukan  di Irak dan Suriah, tetapi hanya pengakuan pembunuhan terhadap dua korban tewas saja. Militer AS tidak mengakui puluhan warga sipil lainnya yang tewas, termasuk  17 orang dari mereka tewas dalam serangan di kota Aleppo, menurut pemantau Suriah yang kontra. (hm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: