Eropa

Usaha Riyadh Gagalkan Pembicaraan Damai

Salafynews.com – Gerakan Ansarullah Yaman telah mengecam rezim Saudi yang membelokkan pembicaraan damai yang bertujuan untuk mengakhiri konflik mematikan di negara Arab miskin itu.

Dalam konferensi pers setelah akhir pembicaraan yang diprakasai oleh PBB di kota Jenewa, Swiss, pada Jumat (19/6/15), delegasi Ansarullah mengecam “pihak-pihak yang sengaja menghambatan perundingan damai” selama pembicaraan damai, mereka mengatakan kelompok yang didukung Saudi menolak terlibat dalam “akar masalah”.

“mereka tidak memberikan solusi jelas pada Yaman tentang agresi Saudi dan pengepungan terhadap rakyat Yaman” tambah mereka.

Gerakan Ansarullah menyatakan bahwa Riyadh tidak pernah memediasi untuk menyelesaikan perbedaan pendapat antara kelompok-kelompok di Yaman, melainkan mempersenjatai dan memdanai kelompok tertentu yang meningkatkan ketegangan di negara Semenanjung Arab.

Ansarullah-delegation-20615-Pembicaraan_Damai

Bangsa Yaman ingin mandiri dan bebas, tidak akan pernah menyerah atas agresi Arab Saudi, delegasi Ansarullah menambahkan.

Namun delegasi Ansarullah, menolak laporan bahwa pembicaraan Jenewa berakhir dengan gagal total, ia mencatat bahwa negosiasi baru-baru ini pada kenyataannya merupakan proses awal untuk menjembatani kesenjangan antara faksi-faksi politik di dalam negeri itu.

Rombongan delegasi juga menyambut seruan dari Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk gencatan senjata demi kemanusiaan di Yaman, mengungkapkan “berharapan besar” bahwa semua pihak akan setuju pada gencatan senjata dalam waktu dekat.

“Rakyat Yaman menderita bencana dalam arti sebenarnya dan menuntut gencatan segera mungkin” katanya, mereka menyuarakan harapan bahwa pembentukan gencatan senjata kemanusiaan adalah “salah satu prioritas yang mendesak dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB Senin depan. ”

Selanjutnya mereka mengatakan, Kami mendesak Utusan Khusus PBB untuk Yaman, Ismail Ould Cheikh Ahmed, melanjutkan usahanya untuk menemukan solusi dalam krisis yang semakin memburuk di negara Arab. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: