Amerika

Video: Ilmuwan Iran Kembangkan Hitung Populasi Manusia dengan WiFi

Salafynews.com – Seorang ilmuwan Iran telah menemukan bahwa sinyal WiFi dapat digunakan untuk menghitung orang yang ada di setiap ruang yang terpasang WiFi, meskipun mereka tidak membawa perangkat nirkabel.

Penelitian ini dilakukan tim ilmuwan yang dipimpin oleh Profesor Yasamin Mostofi, lulusan Sharif University of Technology, di sebuah laboratorium di Santa Barbara, California, Kantor berita ISNA melaporkan pada hari Rabu.

“Kami dapat memperkirakan jumlah orang yang berjalan di ruang yang terpasang WiFi, berdasarkan pengukuran daya yang diterima dari link WiFi,” kata Mostofi dalam sebuah pernyataan kepada kantor berita ISNA.

Penemuan ini memiliki aplikasi yang beragam dari pencarian dan hemat energi, ia juga menegaskan bahwa metode ini tidak mengharuskan orang untuk membawa perangkat WiFi.

Pendekatannya menggunakan sinyal WiFi dan matematika algoritma untuk menentukan kepadatan manusia dan menghitung orang di sebuah ruangan.

“Ini adalah penemuan yang sangat menantang,” kata Mostofi. “Menghitung banyak orang di sebuah ruangan kecil bukan perkara mudah, sehingga memotivasi saya untuk melakukan penelitian, sehingga akhirnya dengan menggunakan kekuatan WiFi dari satu link, masalah ini bisa terpecahkan”, tambahnya.

Mereka melakukan percobaan sederhana dengan menempatkan dua kartu WiFi berlawanan satu sama lain di ruangan berukuran 7 x 10 meter.

Keberadaan seseorang yang melintasi garis sinyal, akan memecah hubungan langsung antara dua transmisi WiFi.

Orang-orang juga dihitung ketika tubuh mereka menyebarkan sinyal  dan menghasilkan fenomena yang disebut multi-path (memudar) bahkan ketika mereka tidak di garis sinyal sekalipun.

“Dengan mengembangkan kerangka matematika probabilistik berdasarkan dua fenomena utama ini, para peneliti kemudian menemukan cara memperkirakan jumlah orang yang berada di dalam ruangan” kata Profesor Yasamin Mostofi. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: