Amerika

Vladimir Putin; Kecam Keangkuhan Barat Atas Penolakan Kerjasama Dengan Suriah

NEW YORK, Salafynews.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam keangkuhan Barat  atas penolakan kerjasama dengan pemerintah Suriah dalam pertempuran melawan kelompok teror ISIS sebagai kesalahan besar.

“Kami pikir adalah kesalahan besar menolak kerja sama dengan pemerintah Suriah dan pasukan bersenjatanya yang gagah berani memerangi terorisme,” kata Putin dalam pidatonya di Majelis Umum PBB, Senin (28/9/15).

Pemimpin Rusia mencatat bahwa hanya satu-satunya angkatan bersenjata Presiden Bashar al-Assad yang benar-benar memerangi militan ISIS dan kelompok teroris lainnya yang beroperasi di negara Arab.

Putin juga menyerukan “koalisi anti-teror yang luas” untuk melawan ISIS dan menekankan bahwa negara-negara Muslim “harus memainkan peran kunci” di dalamnya. Dia mengatakan koalisi anti-ISIS internasional seperti halnya model koalisi perang “anti-Hitler” harus dibuat.

Komentar datang seteleh Amerika Serikat lagi-lagi menyerukan Presiden Assad untuk mundur sebagai prasyarat untuk resolusi krisis di Suriah.

AS dan sekutunya termasuk kerajaan Teluk Persia Arab – yang secara aktif mendukung perang yang didukung asing di Suriah sejak 2011 – telah terlibat dalam serangan udara terhadap militan ISIS di Suriah tanpa otorisasi dari pemerintah Suriah.

Koalisi pimpinan AS juga terlibat dalam operasi serupa terhadap teroris ISIS di Irak, tetapi koalisi ini dinilai oleh pemerintah Irak sebagian besar tidak efektif karena tidak berdampak pada hilangnya ancaman teror di setiap daerah yang direbut militan Takfiri.

Washington dan sekutunya baru-baru ini menuduh Moskow menyebar militer rahasia di Suriah. Namun Rusia, membantah tuduhan tersebut dengan mengatakan ia akan mengirim pasukan ke Suriah jika Damaskus meminyantanya. [Sfa/Ptv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: