Internasional

Vonis 20 Tahun Penjara, Nasib Presiden Terguling Mursi

Salafynews.com – Akhirnya pengadilan Mesir menjatuhkan hukuman 20 tahun penjara pada mantan presiden Mesir Mohammad Mursi dan 12 terdakwa lainnya seperti dikutip Al Arabiya, Rabu (22/4). Mereka terbukti terlibat dalam penangkapan dan penyiksaan pada demonstran selama masa pemerintahannya.

Namun pengadilan membebaskan Mursi dari tuduhan pembunuhan seorang wartawan dan dua demonstran dalam bentrokan di luar istana presiden pada tahun 2012. Inilah yang membuat dia lolos dari hukuman mati.

Menjelang putusan, anggota Ikhwanul Muslimin menyerukan untuk melakukan unjuk rasa mendukung Mursi. “Komandan kudeta yang memanfaatkan peradilan sebagai senjata dalam pertempuran melawan kehendak rakyat dan legitimasi demokratis dan revolusioner yang diwakili oleh Presiden Mohammad Mursi,” kata salah seorang pendukung Mursi.

Mursi juga menghadapi hukuman mati mungkin dalam dua uji coba lainnya. Termasuk satu di mana ia dituduh mata-mata kekuatan asing. Putusan yang terpisah dalam dua kasus itu diumumkan pada 16 Mei 2015.

Amnesty International menggambarkan keputusan itu sebagai ‘parodi keadilan’ yang menghancurkan sistem peradilan pidana Mesir. Kelompok ini menyerukan Mursi harus dicoba di pengadilan sipil sesuai dengan standar internasional atau dilepaskan. (ms)

Sumber: Republika

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: