Internasional

Walid Muallem: Peringatkan AS Tidak Ada Militan Moderat

TEHERAN, Salafynews.com – Menteri luar negeri Suriah mengecam AS, yang telah membedakan antara kelompok-kelompok bersenjata Takfiri dengan militan-militan moderat yang dilatih oleh AS untuk berperang melawan pemerintah Damaskus.

Menteri Luar Negeri Suriah, Walid Muallem mengatakan tidak ada yang nama militan “moderat” di negara Arab.

“Bagi kami di Suriah, tidak ada militan moderat dan militan non-moderat. Siapa pun yang mengambil senjata melawan negara Suriah adalah seorang teroris”, kantor berita resmi SANA mengutip pernyataan Walid al-Muallem setelah pertemuan pada hari Rabu dengan rekan Iran-nya, Mohammad Javad Zarif, di Teheran.

Walid Muallem

Meneteri Luar Negeri Suriah, Walid Muallem

Pernyataan Muallem datang setelah Gedung Putih secara resmi menggunakan serangan udara untuk melindungi militan moderat yang dilatih oleh AS,  jika mereka diserang oleh pasukan pemerintah atau kelompok-kelompok militan lainnya.

Sebelumnya pada hari itu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pesawat dan drone AS telah tiba di pangkalan udara Turki, dan menambahkan bahwa perang melawan ISIS akan diluncurkan segera.

Muallem lebih lanjut mengatakan Suriah telah “menghubungi” dan menyatakan penentangan keras terhadap rencana baru AS, yang akan memberikan dukungan udara kepada para militan yang disebut moderat. Ia juga menegaskan bahwa Damaskus menentang setiap tindakan militer terkoordinasi dalam wilayahnya.

“AS menghubungi kami … dan mengatakan prihal itu untuk memerangi ISIS dan bukan tentara Suriah sama sekali, dan kami katakan kepada mereka bahwa kami mendukung setiap usaha yang ingin melawan ISIS. Namun, bagaimanapun juga hal itu harus dilakukan melalui koordinasi dan konsultasi dengan pemerintah Suriah, jika tidak maka melanggar kedaulatan Suriah”, kata Muallem.

Pernyataan ini dibuat Muallem di sela-sela kunjungannya ke Teheran, untuk bertemu dengan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Iran, Ali Shamkhani. [PressTV/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: