Eropa

Wartawan Turki Gelar Demo Anti Penindasan Media

ISTANBUL, Salafynews.com – Wartawan Turki gelar demonstrasi di Istanbul untuk memprotes penindasan terhadap media dan meningkatnya ancaman terhadap jurnalis di negeri itu.

Protes itu digelar pada hari Sabtu (3/10) ribuan wartawan berkumpul di kota Istiqlal, dengan membawa spanduk yang bertuliskan, “Kebebasan Media Tidak Dapat Dibungkam,” laporkan media Turki.

“Penindasan baru-baru ini dan serangan terhadap wartawan, serta upaya untuk melemahkan profesi jurnalis, telah mencapai titik mengkhwatirkan di mana keselamatan fisik propesi ini semakin beresiko. Membuat kami menganggur, mengintimidasi kami, mencoba untuk membungkam kami bahkan sekarang melakukan serangan fisik, “kata penyelenggara protes dalam sebuah pernyataan.

Demonstrasi dimulai dari tempat serangan pada veteran wartawan harian Hurriyet Ahmet Hakan Coskun, yang dikenal karena pandangan kritisnya terhadap pemerintah. Ia diserang oleh empat orang di depan rumahnya di Istanbul pada 30 September.

Tiga dari para penyerang, yang dilaporkan ditahan kemudian, ditemukan menjadi anggota Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa (AKP).

Kebebasan media di Turki telah dibatasi karena tekanan politik dan penuntutan jurnalis, kata Hurriyet editor-in-chief, Sedat Ergin, saat orasi pada demonstrasi, dan menambahkan bahwa wartawan sekarang khawatir tentang keselamatan mereka.

Serangan terhadap Coskun diikuti dua serangan yang diluncurkan oleh massa pro-pemerintah di gedung Hurriyet. Sebuah wakil AK Party dikatakan terlibat dalam salah satu serangan.

Satu kolumnis pro-pemerintah, mengatakan bahwa mereka dapat “membunuh Coskun seperti lalat” dan bahwa ia masih hidup hanya karena “kemurahan kami.”

Presiden Recep Tayyip Erdogan secara pribadi menargetkan Aydin Dogan, pemilik Dogan Media Group, yang juga termasuk Hurriyet. Kelompok media itu dituduh “menyebarkan propaganda teroris” dan menghadapi penyelidikan kriminal.

Dewan Pers, Konfederasi Jurnalis Turki, kantor Institut Pers Internasional Turki (IPI) dan PEN Turki, serta anggota parlemen oposisi mendukung demonstrasi yang digelar pada Sabtu. (SFA/PTV)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Erdogan Kobarkan ‘Perang’ Dengan Jurnalis Dan Pers | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: