Nasional

Waspada, Indonesia Terancam 3 Perang Global

Jakarta, Salafynews.com – Pengamat Intelijen Soeripto mengatakan, percaturan global sekarang berbeda dengan pada zaman perang dingin. Saat ini terdapat tiga bentuk perang baru yang sedang mengancam Indonesia.

Tiga bentuk perang tersebut adalah perang sumber daya alam, perang mata uang dan perang cyber. “Dua pihak yang menonjol dalam perang sumber daya alam adalah Amerika dan Cina,” katanya belum lama ini, seperti dilansir Republika.

Percaturan di Indonesia, ujar dia, sangat terasa, terutama dalam akses sumber daya alam. Hal ini harus segera diantisipasi dengan baik makanya tata kelola sumber daya alam harus benar-benar untuk kepentingan masyarakat. Lembaga advokasi sosial seperti Pusat Advokasi Hukum dan HAM (Paham) Indonesia harus bisa mengawal kepentingan publik tersebut.

Selanjutnya, kata Soeripto, adalah  perang mata uang atau yang disebut dengan currency war. “Jenis perang ini juga tak boleh diremehkan karena berkaitan langsung dengan ketahanan perekonomian Indonesia.”

Apalagi nilai mata uang Indonesia sekarang semakin merosot. Ini pertanda kalau pemerintah kalah strategi. “Bisa jadi kita kalah perang untuk saat ini.”

Ketiga adalah perang dunia maya (cyber war), yang dilakukan melalui jaringan internet. “Perang ini sangat luar biasa pengaruhnya, suatu bangsa yang diserang oleh cyber war akan lumpuh. Contohnya saat Perang Teluk, Irak cepat menyerah karena AS melumpuhkan seluruh jaringan komunikasi Irak sehingga jaringan pertahannya macet.”

Pada tahap ini, serangan melalui cyber akan dilakukan terlebih dahulu barulah kemudian dilakukan serangan melalui kekuatan militer. Makanya tiga perang tersebut harus diwaspadai untuk menjaga pertahanan negara. “Sayang pemerintah Indonesia masih kurang mewaspadai ketiga hal ini, justru yang diwaspadai hanya isu-isu pinggiran.” (jb)

Sumber: Republika

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: