Internasional

WELT am SONNTAG : ISIS Curi Ribuan Paspor untuk Susupkan Jihadis ke Eropa

21 Desember 2015

BERLIN, SALAFYNEWS.COM – Surat kabar Jerman “WELT am SONNTAG” mengutip dari beberapa sumber intelijen, Minggu (20/12), melaporkan bahwa ISIS telah mencuri puluhan ribu paspor baru yang dapat digunakan untuk menyusupkan para jihadis ke Eropa di antara para imigran.

Organisassi radikalis itu memperoleh paspor dari beberapa kawasan yang berada di bawah kendali mereka baik di Suriah maupun di Irak dan Libya.

Tercatat bahwa ribuan paspor itu dapat dikeluarkan menggunakan nama-nama para jihadis sehingga dapat masuk ke Uni Eropa sebagai pengungsi. Selain itu, ISIS juga mengumpulkan dana melalui penjualan paspor palsu di pasar gelap dengan harga sekitar 1500 euro.

Dalam hal ini, pihak berwenang Eropa telah berulang kali memperingatkan kemungkinan penyusupan oleh para militan bersenjata di antara para imigran. Sebelumnya, dua jihadis yang menyerang Stade de France di Paris, tidak diketahui identitas asli mereka karena membawa paspor palsu yang digunakan untuk masuk ke Eropa.

Kepala Asosiasi Frontex Perlindungan Perbatasan Eropa, Fabrice Igira, menyampaikan keterangan  kepada surat kabar Jerman bahwa “sejumlah besar orang yang tidak terdaftar (secara resmi) yang tiba di Eropa merupakan ancaman terhadap keamanan.”

Igira mengatakan, tidak ada jaminan bahwa paspor yang dikeluarkan dari daerah konflik seperti Suriah yang saat ini masih belum stabil adalah paspor asli yang dikeluarkan oleh pihak berwenang Suriah secara resmi.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Jerman menjelaskan “besarnya jumlah imigran tidak menutup kemunginan terjadinya penyusupan di antara mereka dari para penjahat perang dan anggota kelompok militan bersenjata atau organisasi teroris”.

Dia juga menambhakan “pada saat yang sama, bisa jadi orang-orang itu membawa dokumen palsu.” [Sfa]

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Polisi Spanyol Tangkap 7 Pengumpul Dana ISIS dan Al-Qaeda | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: