Afrika

WHO; Lebih Dari 27.000 Jiwa Warga di Afrika Barat Terinfeksi Ebola

Salafynews.com – Kantor berita Tass melaporkan bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menyatakan adanya 15 kematian dari 90 kasus baru Ebola yang  terjadi di Afrika barat dalam seminggu terakhir, terhitung dari 8 Juni hingga kemarin, Selasa (16/6).

Hal ini berarti total korban Jiwa telah mencapai 11.196 orang di Guinea, Liberia, dan Sierra Leone. WHO juga menyatakan dalam pernyataannya di Jenewa, Swiss pada Selasa kemarin, bahwa total korban terinfeksi hingga kini mencapai 27.309 jiwa.

Di Liberia kematian mencapai angka 4.806 jiwa dan jumlah yang terinfeksi mencapai 10.666 jiwa. Belakangan, pada tanggal 9 Mei, Liberia menjadi negara pertama -dari tiga negara yang paling terpengaruh- yang sudah dinyatakan bebas virus, setelah selama 42 hari tidak ditemukan kasus baru.

Sebelum ini, WHO telah  mencanangkan dana darurat US$100 juta (Rp1,3 trilyun) untuk menanggulangi wabah Ebola.

Margaret ChanDirektur Jendral WHO, Margaret Chan, menyatakan organisasinya kewalahan menghadapi penyebaran penyakit ini di Afrika Barat.

Ia mengatakan kebutuhan penanganannya sepuluh kali lipat lebih besar daripada yang diduga.

Wabah penyakit ini dilaporkan terjadi bulan Maret 2014, dan telah memakan korban sebanyak 11.000 jiwa.

Selama ini, Chan dan WHO diritik banyak pihak karena kelambatan mereka dalam menangani wabah ini.

“Dengan dukungan negara anggota, saya mencanangkan dana darurat US$100 juta, bersumber dari sumbangan sukarela tak mengikat, untuk menjamin bahwa kami memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk segera menyusun tanggapan awal,” kata Chan dalam pertemuan tahunan WHO.

Chan juga sedang menyusun sebuah program ‘terpadu’ untuk menangani darurat kesehatan ini. (SFA/LM/RT/BBC)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: